Minggu, 06 Mei 2012

Sebab-sebab Sering Merasa Lelah dan Cara Mengatasinya

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kelelahan sangat mempengaruhi produktivitas kehidupan sehari-hari. Sebagian orang seringkali merasa kelelahan sepanjang waktu. Wajar jika kelelahan tidak disebabkan oleh aktivitas fisik. Tetapi kelelahan juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Untuk dapat mengatasi kelelahan yang tidak wajar, maka perlu untuk mengetahui penyebabnya.



Kira-kira apa saja penyebab sering merasa lelah dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan kelelahan seperti dikutip dari Ivillage, Kamis (1/3/2012) antara lain:

1. Infeksi sinus

"Infeksi sinus dapat menyebabkan kelelahan," kata para peneliti. Memerangi masalah sinus adalah seperti memerangi flu yang melibatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat memicu kelelahan yang dapat dirasakan selama berbulan-bulan," jelas otolaryngologist Jordan S. Josephson, MD.

"Cara mengatasi infeksi sinus dapat dengan melakukan pembilasan atau pembersihan pada sinus. Membilas sinus dengan air garam mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan pada 84 persen wanita yang diteliti. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara membersihkan sinus atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter," kata peneliti dari Lahey Clinic di Burlington, MA.

2. Dehidrasi ringan

"Dehidrasi ringan membuat sulit bagi sel-sel otak untuk berkomunikasi dengan baik. Dehidrasi juga dapat membuat volume darah dan tekanan darah rendah, sehingga memperlambat aliran oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh," kata peneliti Harvard.

Dalam penelitian baru di Kanada McMaster University, ketika subjek kehilangan hanya 2 persen dari air yang disimpan dalam jaringan tubuh, tingkat energi dapat turun sebanyak 30 persen. Untuk segera mengatasi dehidrasi tersebut dapat dengan meminum air putih dengan cukup.

3. Kadar zat besi rendah

"Hampir satu dari lima wanita kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk membangun otot, memperbaiki jaringan yang rusak, dan memproduksi energi sel sehingga dapat menyebabkan kelelahan kronis," jelas Jacob Teitelbaum, MD.

Untuk mengatasi kelelahan yang disebabkan karena kekurangan zat besi, maka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti daging merah dan sayuran hijau.

4. Kelelahan adrenal

Adrenal menghasilkan hormon yang membantu tubuh menanggapi cuaca dan aktivitas fisik. Stres kronis yang berlebihan dapat menghambat produksi energi hormon seperti adrenalin. Untuk mengurangi kelelahan tersebut maka dapat dengan melakukan pijat yang dapat merelaksasi sistem saraf pusat.

5. Defisiensi vitamin B12

Penelitian mengejutkan di Tufts University di Medford, MA, menunjukkan bahwa 40 persen wanita kekurangan vitamin B12. Salah satu tanda pertama dari kekurangan gizi adalah kelelahan, karena B12 membantu mengubah makanan menjadi energi. Makanan yang mengandung vitamin B12 atau suplemen B12 dapat memperbaiki kelelahan tersebut.

6. Kerja kelenjar pineal lambat

Kelenjar ini bertanggung jawab untuk memproduksi melatonin. Idealnya, produksi melatonin harus cukup karena melatonin membuat mengantuk dan membantu untuk mendapatkan tidur yang baik," kata Norman E. Rosenthal, MD, seorang profesor klinis psikiatri dari Washington’s Georgetown Medical School.

Untuk mengatasi hal tersebut maka 2 jam sebelum tidur, hindari lampu fluorescent. Menurut peneliti UCLA, orang yang terkena cahaya yang lebih terang di malam hari menghabiskan sampai waktu 40 persen lebih pada tahap yang lebih dalam tidur.

7. Suasana hati buruk

Gejala ringan dari suasana hati yang buruk adalah kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat menghibur diri dan melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya dengan menghabiskan waktu dengan teman baik.

8. Infeksi jamur secara terus-menerus

Orang 2 kali lebih mungkin merasa lelah jika terus-menerus terinfeski jamur. Sistem kekebalan tubuh menghasilkan aliran protein inflamasi ketika terinfeksi spora jamur. Peradangan kronis sangat menguras energi tubuh dan sistem saraf, kata peneliti Tucson’s University of Arizona.

Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, juga sebaiknya lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.

9. Pertumbuhan berlebih dari jamur di saluran pencernaan

"Hingga 33 persen wanita memiliki kondisi yang disebut intestinal dysbiosis. Intestinal dysbiosis dapat menyebabkan produksi biotoksin. Biotoksin merupakan produk limbah yang melakukan perjalanan melalui aliran darah dan mengganggu fungsi otak, serta mengganggu konsentrasi," kata Dr Teitelbaum.

Menurut penelitian di Finland’s University of Tampere, makan secangkir yogurt setiap hari dapat mengisi kembali saluran pencernaan dengan bakteri sehat dalam waktu 3 minggu.

10. Defisiensi boron

"Boron merupakan mineral sering diabaikan dalam uji klinis. Tetapi peneliti USDA telah menemukan bahwa, mineral itu penting untuk pembentukan energi gelombang otak. Cara mengatasi kelelahan akibat hal tersebut dapat dengan mengonsumsi almond dan hazelnut," kata para peneliti.




(del/ir) Adelia Ratnadita - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Archive

 

Erland smiLee :). Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by erlandsmilee